Valentine’s Day = haram (Islam)

Memasuki bulan februari sejumlah media (koran, radio maupun televisi) mulai mempromosikan sejumlah acara menyambut hari Valentin atau hari kasih sayang. Kalangan muda-mudi yang sedang dimabuk cinta sudah mulai merencanakan acara maupun hadiah apa yang akan diberikan kepada pasangannya. Di Indonesia fenomena ini sudah merebak ke seluruh lapisan masyarakat. Atribut-atribut seperti bunga mawar, boneka maupun pakaian serba pink (merah muda) dan hadiah-hadiah lainnya mulai ramai dipajang ditoko-toko. Selain pemberian hadiah, sekarang mulai merebak pada pasangan muda-mudi dalam mengekspresikan cintanya secara berlebihan dan melanggar norma Islam (free sex) dan itu dilakukan bertepatan tanggal 14 Februari. Mereka berpendapat bahwa itu wujud kasih sayang keduanya. Astaghfirullah….Anehnya masyarakat Indonesia (yang muslim khususnya) mereka tidak pernah tahu sejarah Valentine itu sendiri. Mereka hanya ikut-ikutan tanpa mau mencari tahu latar belakangnya terlebih dahulu. Generasi muda kita hanyalah menjadi generasi bebek (mengekor sana-sini).

Saya sebagai seorang muslim hanya bisa prihatin melihat fenomena seperti diatas. Cobalah kita membuka mata dan telinga kita lebar-lebar untuk mencari tahu asal usul valentine itu. Ini sedikit data yang saya peroleh berkaitan dengan sejarah valentine.

Valentine sendiri berasal dari nama seorang pimpinan Kristen Katholik yang bernama Santo Valentine. Pada tahun 268-270 M raja Claudius II melarang seluruh prajuritnya untuk menikah dengan alasan agar prajurit-prajurit tersebut bisa agresif dan potensial dalam berperang. Nah, secara diam-diam Santo Valentine dan temannya Santo Marius tetap menikahkan beberapa prajurit. Karena ketahuan sang raja keduanya dijatuhi hukuman mati pada tanggal 14 Februari.

Pada tahun 496 M gereja Kristen Katholik yang dipimpin oleh Paus Galasius meresmikan tanggal 14 Februari sebagai hari Valentine atau hari Kasih Sayang (karena keduanya memperjuangkan cinta dan kasih sayang, katanya)dan ini merupakan salah satu hari besar umat Katholik. Ini bisa anda baca juga di Al-Islahonline.com.
Dari sedikit uraian diatas, apakah kita umat Islam akan ikut-ikutan merayakan hari besar agama lain? Cobalah kita umat muslim merenung dan berfikir sebelum bertindak dari pada kita terjebak suatu tindakan yang akan menjerumuskan kita. Lembaga-lembaga Islam seperti Muhammadiyah, NU atau MUI kita harapkan bertindak tegas dan segera memberikan fatwanya agar generasi muda kita tidak terjerumus.

Bukankah dalam kita sholat selalu kita baca Ar-Rahman (Pengasih) dan Ar-Rahim (Penyayang) berkali-kali. Marilah kita mencoba mempelajari lebih dalam lagi arti kedua kata tersebut. Para ulama yang memang ahli dibidang ilmu tersebut tolong sebarkan pada anak-anak kita, keponakan kita, saudara-saudara kita dan generasi muda kita.

https://intiep.wordpress.com

11 Comments (+add yours?)

  1. maxbreaker
    Feb 10, 2008 @ 13:09:32

    Setuju!
    salam kenal ya…

    Reply

  2. RETORIKA-1000DS
    Feb 11, 2008 @ 00:50:23

    yah mbak, cuma sekedar senang2 aja dibikin repot…

    Reply

  3. evanrama
    Feb 12, 2008 @ 21:35:10

    ypuz spakat VALENTINE haram ! say no to valentine (lha tapi masih banyak yg merayainnya bagaimana y)
    singgah ke bloh sy ya, kasih koment jg ya

    Reply

  4. Mardies
    Feb 13, 2008 @ 07:14:47

    Banyak teman-teman yang nggak tau asal-usul hari Valentine. Kasihan. Mereka terbawa arus tren

    Reply

  5. putri aiu
    Feb 13, 2008 @ 21:17:39

    assalamualaikun.
    iya. valentine kan haram. Islam sdh smpurna, ga prlu d tambah2 lg, pa lg ikt2 valentine sgala. bisa2 kita jadi golongan mereka.
    NauzubillahiminZalik

    Reply

  6. novhie
    Feb 14, 2008 @ 19:59:01

    valentine Haram..apanya yang Haram??Selama itu masih yang wajar-wajar aja napa gak??Kita ni hidup di zaman metropolis..bkn di zaman kerajaan..mengenai asal usulx gak usah diributin deh..bayi yang lahir tanpa Ayah aja msh dpt di terima Masyarakat..Valentine tu tujuannya bek..selama itu masih dalm batas kewajaran..

    Reply

  7. Emon
    Feb 15, 2008 @ 14:11:18

    Jangan cepat2 bilang haram… terhadap sesuatu… kt bkn TUAHAN. Ambil yang positifnya… hari kasih sayang itu penting….. yg ciptakan lampu listrik neon khan thomas alfa edison.. dia itu Nasrani. Apa kalo kt gunakan listrik itu haram… krn yg ciptakan org Nasrani???? Ambil yg positifnya mas… jgn berfikiran kerdil.

    Reply

  8. burdah
    Feb 15, 2008 @ 15:23:48

    Aku stuju, ritual valentine bagi umat islam haram, mereka yg dah ikut nga tahu sejarah dan latar belakangnya, kaya bebek saja. Kalo mau ngirim ucapan kasih sayang kapan saja juga bisa, ngak usah di tanggal 14 Febr.

    Reply

  9. isvan
    Apr 28, 2008 @ 09:23:36

    Assalamu’alaikum,
    Saya setuju bahwasanya umat Islam di HARAMkan untuk merayakan valentine,walaupun cuma iseng-iseng,janganlah kita iseng-iseng berbuat dosa, janganlah kita mengikuti suatu kaum,akan tetapi bagi umat nasrani yang ingin merayakannya silahkan,karena “bagiku agamaku dan bagimu agamamu”,akan teapi bagi umat Islam janganlah mengucapkan apalagi merayakan,biarlah umat nasrani melaksanakan ritual kepercayaannya

    Reply

  10. johan efendi
    Jul 31, 2008 @ 14:32:02

    valentin itu sangat……………………. sangat haram

    Reply

  11. yAAN
    Feb 07, 2009 @ 15:17:05

    kalo aku sekali haram tetep ja haram
    jngan owah-owah n ragu
    pecma kalo kita pnya agama n
    orang beriman
    kalo masih percaya VALENTIN

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: