Migrasi dari Microsoft Windows ke Linux

Setahun yang lalu ketika Direktur Masjidil ‘Ilm Bani Hasyim (Lembaga tempat kami bekerja & berdakwah) meng-instruksikkan untuk mengganti operating system dari Microsoft Windows menjadi Linux diseluruh komputer kami, rasanya seperti kesamber petir. Kami membayangkan betapa beratnya harus belajar dari nol lagi karena kami sama sekali tidak tahu dan tidak mengenal sedikitpun tentang Linux. Data-data yang ada disekolah tentang pembelajaran, kesiswaan, administrasi dan lainnya akan hilang (inilah yang ada diotak kami). Marah, sebel, frustasi dan putus asa…!!! Tapi ya akhirnya kami harus menyerah ketika bagian IT yang dipimpin langsung pak Direktur mengganti operating system seluruh komputer (kurang lebih 50 unit komputer) di sekolah kami. Laptop Supervisor, Kepala KB-TK dan Kepala SD pun tidak luput dari operasi besar-besaran ini. Sampai-sampai memakan korban, ada guru yang keluar karena takut duluan. Weleh weleh.

Dan …. setelah berubah semua, setelah kami mau mencoba ternyata …… semuanya sama saja!😀 .  Tidak ada bedanya alias sami mawon. Data-data kami tidak ada yang hilang. Saya sendiripun yang tidak tahu banyak komputer karena sekedar menggunakan tidak mengalami kesulitan apalagi kalau teman-teman yang lain yang paham komputer pasti akan lebih mudah. Kami menggunakan Linux distro edubuntu. Gampang kok. Makanya : jangan takut untuk berubah (untuk maju lho ya😀 ) Memang awalnya berat sekali, tapi kalau kita mau semua pasti bisa. Selamat mencoba! Bagi teman-teman yang di Malang kalau pengen belajar Linux silahkan ke TK-SD Bani Hasyim, IT kami sip lho (semuanya hasil belajar sendiri tentunya bahan dari buku-buku, majalah dan internet). Hehehe….kok malah promosi.

https://intiep.wordpress.com

5 Comments (+add yours?)

  1. fiqran
    Feb 23, 2008 @ 05:54:58

    Terimakasih atas saran, kemaren saya dapat hadiah software dari linux ternyata keraguan awal dengan anda sama dengan saya.

    Reply

  2. adhiwirawan
    Feb 23, 2008 @ 14:11:24

    Salut buat keputusan berani dan dramatis yang diambil. Dari setiap kesulitan pasti ada hikmahnya. Semoga kasus ini bisa jadi sumber ispirasi bagi yang lainnya.
    open for open mind, free software for free future…

    Reply

  3. oliveoile
    Mar 11, 2008 @ 12:46:02

    Wah..sapu bersih semua. Senangnya … bebas dari yang serba bajakan🙂
    Andaikan di tempatku bekerja diterapkan seperti itu, pasti deh siip..

    Reply

  4. Ubay
    Jun 27, 2008 @ 22:45:07

    Selamat, telah berhasil dengan mulus migrasi dari Windows ke linux.
    Aku punya pengalaman “buruk” tentang migrasi ini di perusahaanku.
    Saat itu yang memungkinkan aku ganti dengan System Operasi Linux hanya pada bagian Keuangan dan administrasi (8 komputer). Untuk 15 komputer lainnya di bagian teknis dan studio tidak memungkinkan karena aplikasi belum tersedia di Linux, jadi kita harus beli Original windows @ 760.000,-
    Tapi khusus untuk aplikasi Office aku terapkan OpenOffice yang free.
    Seminggu pertama berjalan, banyak masalah mengenai kecepatan dan kompatibelitas dengan file2 lama untuk bagian teknis.
    Minggu kedua, aku harus investasikan MS Office 2007 untuk 15 komp, @ 1,3 s/d 1,7 jt hanya untuk bagian teknis.
    Dua bulan berjalan, bagian Keuangan dan administrasi pada usul minta migrasi ke Windows original lagi, terpaksa dipenuhi.
    Sekarang semua sudah Windows original dengan MS Office 2007, …….. tapi tidak berhenti di sini.
    Aku harus beli paket CorelDraw 5 unit @ 1,3 jt, 4 paket AutoCAD seharga 32 jt, 3 paket ArcView @ 1,8 jt, dll. ………….. Pusiiing!
    Akhirnnya, satu-satunya sistem operasi Linux yang kupakai hanya untuk satu komputer server.
    Terima kasih Linux, walau aku hanya pakai untuk server saja. Untuk fungsi server ini, aku angkat jempol, Windows server kalah deh, apalagi gratiis.

    Reply

  5. yudhi
    Jul 02, 2008 @ 10:01:01

    sadar atau tidak, sesungguhnya ketakutan kita memang disengaja oleh mereka, dengan memberikan informasi yang menyeramkan di berbagai media.

    saya pribadi menggunakan linux sejak 1995 sampai sekarang tidak pernah pusing masalah virus, trojan, dll.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: