AJI DEDI MULAWARMAN DOKTOR AKUNTANSI SYARIAH BARU

Ini adalah pengalaman hidupku yang tidak akan pernah aku lupakan, semoga tulisan ini bukan sebuah riya’ atau kesombongan.

Menyongsong tanggal 1 Juli ini ada rasa tegang yang menghinggapi diriku. Mulai malam hari sampai subuh, aku tidak hentinya sakit perut dan keringat dingin. Semua itu hanya karena keteganganku menghadapi ujian terakhir S-3 suamiku yang akan berlangsung pada hari itu (tanggal 1 Juli 2008 ) jam 09.30. Padahal aku lihat suamiku tenang-tenang saja.

Akhirnya jam 9 pagi aku berangkat menyusul suamiku yang sudah berangkat duluan ke kampusnya (univ. Brawijaya). Sampai disana aku bertemu dengan teman2 suami yang sudah aku kenal. Agak molor sedikit akhirnya ujianpun dimulai pada jam 10.30 WIB, aku sendiri tidak berani ikut masuk ke ruang ujian. Aku dan beberapa teman menunggu diruang sebelahnya yang disitu sudah disediakan monitor TV yang meliput langsung acara ujian tersebut.

suasana di ruang ujian

Setelah presentasi akhirnya para penguji memberi pertanyaan satu persatu mulai dari Prof. Ciptohadi (penguji dari Unair), Prof. Bambang Subroto (dekan FE Unibraw), Prof. Sutrisno (guru besar FE Unibraw), Prof.Made (guru besar FE Unibraw), Dr. Gugus (co promotor), Dr. Unti (co promotor) dan terakhir Prof. Iwan Tri Yuwono (promotor). Selama acara ini mataku tidak lepas memelototi layar TV sambil tak hentinya komat-kamit minta kekuatan pada Allah SWT. Prof Iwan akhirnya mengakhiri pernyataannya (menurutku dia memang tidak memberi pertanyaan) tentang disertasi suamiku. Beberapa saat kemudian pintu ruang ujian terbuka dan suamiku keluar, karena para penguji masih akan merapatkan hasil ujian suamiku. Alhamdulillah…..

saat menjawab pertanyaan

Kami semua menunggu hasil tersebut diluar ruangan. Dan…..suamiku serta para undangan  masuk ke ruang ujian. Akupun akhirnya ikut masuk! Tidak bisa digambarkan perasaanku waktu itu, yang jelas ada rasa tegang, takut, berdebar-debar, resah, gelisah dan..pokoke campur2. Prof Iwan Tri Yuwono membacakan hasil penilaian para penguji dan……suamiku dinyatakan LULUS CUMLAUDE !!!!! Alhamdulillahirabbil ‘alamiin…… Allah mendengarkan do’a kami. Akhirnya perjalanan panjang aku mendampingi suami menyelesaikan disertasinya selesai sudah. Suamiku Aji Dedi Mulawarman lulus dari S-3 Akuntansi Syari’ah Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya dalam waktu 3 tahun dengan IPK 4.0 dengan judul disertasi “Laporan Keuangan Syari’ah Berbasis Tazkiyah: mengembangkan teknologi akuntansi syariah dari realitas masyarakat muslim Indonesia”

Semoga apa yang dihasilkan bisa memberikan sumbangsih bagi perkembangan peradaban Islam dimasa kini dan masa yang akan datang. Amiiin….

aku dan suami setelah ujian

17 Comments (+add yours?)

  1. manon
    Jul 07, 2008 @ 07:13:02

    Selamat…
    Bener, Int, Ini bintangnya ditampilin.
    Deg2an leawt, pasti plong melihat hasil yang sangat memuaskan.

    Reply

  2. ary
    Jul 07, 2008 @ 13:08:06

    mb inti…selamat ya
    aku jg udah buka blog pak aji dedi lho.. tulisannya bagus2 .makin sukses ya…

    Reply

  3. azwirdafrist
    Jul 10, 2008 @ 13:07:31

    selamat ya bu… semoga keberhasilan pak Dedi menjadi barokah untuk keluarga dan sekolah …..
    amien

    Reply

  4. Supomo
    Jul 10, 2008 @ 14:34:26

    Meskipun terlambat : saya mengucapkan salam Sukses untuk Mas Aji, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat Amin

    ( Mas meskipun saya belum pernah ketemu dan menyapa,tapi beberapa tulisan Mas tentang akuntansi syariah telah mampu menarik minat saya untuk memahami lebih jauh…Salam kenal sekali lagi selamat dan sukses selalu

    supomo

    Reply

  5. intiep
    Jul 12, 2008 @ 06:58:40

    Terima kasih semuanya, keberhasilan p.Dedi tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak.
    Bu Firda dan guru2 yang lain punya andil yang amat sangat besar. Sekali lagi terima kasih.

    Reply

  6. taufiq_elrahman
    Aug 04, 2008 @ 15:56:19

    Wah, selamat untuk suaminya yang lulus Doktor Syariah ya, dengan kualifikasi yang mengagumkan lagi. Karya-karya beliau sudah pasti ditunggu umat, salah satunya aku, haha.. Wah, Bang Adiwarman Karim yang sudah sehebat itu aja di bidang ekonomi Syariah juga belum Doktor, berarti suami Inti pasti lebih hebat deh. Kebetulan kita2 yang alumni feugm lagi concern bikin Bank BPR Syariah, namanya Harta Insan Karimah. Kapan2 suami kita undang dalam acara seminar atau diskusi ya? Nanti kita sandingkan dengan Dewan Pengawas kita, Bang Adiwarman Karim.. pasti siip..

    Reply

  7. taufiq_elrahman
    Aug 04, 2008 @ 16:25:40

    Wah, selamat untuk suaminya yg lulus Doktor Syariah ya, dengan kualifikasi yang mengagumkan lagi. Karya-karya beliau sudah pasti ditunggu umat, salah satunya aku, haha.. Kebetulan kita2 yang alumni feugm lagi concern bikin Bank BPR Syariah, namanya Harta Insan Karimah. Kapan2 suami kita undang dalam acara seminar atau diskusi ya? Nanti kita sandingkan dengan Dewan Pengawas kita, Bang Adiwarman Karim.. pasti siip..

    Reply

  8. Yamin
    Aug 14, 2008 @ 20:42:36

    Assalamu”alaikum Wr.Wb.

    Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Illahi Rabbi atas berbagai kerja keras juga ketekunan serta dukungan istri n anak2 jg semua pihak yg mengenal dekat sosok sahabat,kakak juga relasi dari Aji Dedi Mulawarman. Subhanallah, sebagai sahabat saya sangat mengenal Pak Aji, beliau memiliki motivasi, kerja keras tuk mencapai keinginan. Salam Hormat saya buat DR.IR.AJI DEDI MULAWARMAN, M.SA, semoga apa yang dicapai sampai saat ini semakin menjadikan beliau pribadi memiliki katawaduan serta kearifan dlm mengembangkan Ilmu Akuntansi utk kemaslahatan ummat. Amin…. Salam hormat atas keberhasilan beliau dlm Program Doktor Ilmu Akuntansi juga keluarga yg senantiasa mendukung.

    Wassalam

    Yamin sekeluarga-Jayapura-Papua

    Reply

  9. ubay
    Aug 16, 2008 @ 11:56:22

    Selamat buat Inti, yang sukses mengantar suami tamat S3. Sampaikan selamat dan salam buat suami ya. Sorry, sangat terlambat..
    Wah, aku jadi iri ingin sekolah lagi nich,
    kira2 ada yang sponsori pekerja seperti aku sekolah S3 nggak ya?

    Sekali lagi selamat ya, kapan giliran Inti?

    Reply

  10. eko triyanto
    Dec 12, 2008 @ 14:05:06

    assalamlkm…
    alhamdllah setlah sekian lama terpendam akhirnya muncul ilmuwan baru yang memperjuangkan jalan surga ini…
    bolehkah saya mengucapkan selamat dan bangga untuk pak mulawaran….
    n satu lagi bolehkah minta email beliau…
    terimakasih

    Reply

  11. yanti
    Feb 03, 2010 @ 14:18:26

    Wah…Keren banget kebetulan aq juga lagi pengen nyusun disertasi tentang islamic finance, bisa dikirimkan ringkasan disertasinya???

    Reply

  12. ana s
    Mar 04, 2010 @ 10:33:25

    selamat ya buat keluarga mbak inti walaupun ucapanku telat. Saya baru kemarin2 baca2 tulisan mas dedi. ndak ngira kalau lulusan stiper jadi doktor ekonomi syariah. saya ikut bangga sebagai adik kelas… salam buat suami mbak.. dari ana sudiarsih sosek 89.

    Reply

  13. nurhidayah
    Mar 30, 2010 @ 12:26:35

    assalamu’alaikum wr.wb,,,ibu,,,saya mahasiswi dari STIE Perbanas surabaya. Saya sebentar lagi menempuh skripsi dan akan membahas akuntabilitas dan moralitas akuntansi Islam,,,saya membutuhkan data dari orang yang kompeten,,,apakah saya bisa meminta bantuan bapak untuk memberikan saya informasi mengenai hal tersebut bu? sblmnya terimakasih

    Reply

  14. rima
    Oct 14, 2011 @ 16:20:12

    Bapak Aji Dedi M memang dosen yang luar biasa. saya bangga menjadi salah satu mahasiswanya.. go FEB UB!! =)

    Reply

  15. Fro, Hasanatin Syarafuddin (PB HMI Era Yusuf H)
    Dec 25, 2011 @ 17:01:58

    Salam rindu dan hormat u Mas Aji Dedy M sekeluarga………
    Seneng mendengar senior saya kuat dan memiliki ruang bebas u mentransformasikan gagasan2-nya…Semoga menjadi inspirator & penggerak visi & aktualnya perbaikan ekonomi masa depan. Di pojok yg tidak jauh dari Mas Dedy sekeluarga bertasyahud, Saya berada bersama kawan2 yayasan barzakh & ICAS paramadina jakarta

    Reply

  16. Anonymous
    May 10, 2012 @ 10:48:22

    Maaf ya Bu Inti walaupun telat saya dan keluarga nderek bingah atas keberhaslan Pak Aji Dedi Mulawarman

    Reply

  17. Khazali
    Sep 18, 2012 @ 11:36:46

    Alhamdulillah semoga selalu mendapat limpahan rahmat baroqah dan maghfirah dari ALLAH SWT Amin, sekali lagi selamat Ya Pah Deddi & Kel Besar

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: