Refleksi Tahun Baru Hijriyyah 1430

Tidak terasa waktu bergulir begitu cepatnya, tahun 1429 H telah berlalu meninggalkan kita….dan selamat datang 1430 H….Tahun yang akan kita hadapi dalam menapak langkah kita ke depan.

Seperti kita tahu tonggak sejarah dimulainya tahun baru Hijriyah dimana ditandai dengan hijrahnya sang Nabi Besar Muhammad SAW beserta pengikutnya yang setia dari Mekkah menuju Madinah, dari jaman jahiliyyah menuju peradaban Islam di Madinah, dari kegelapan menuju terang.

Dalam memaknai tahun baru kali inipun kita hendaknya bisa meneladani semangat kaum Muhajirin dan kaum Anshor dalam melakukan perubahan. Semangat berubah menuju keadaan yang lebih baik. Keadaan sekarang ini dimana kebaikan dan kebatilan semu perbedaannya. Kebatilan yang sudah dibungkus sedemikian rupa sehingga nampak sangat menarik dan menggoda kita. Dan…kitapun terjebak ikut hanyut menikmati kebatilan itu.

Semoga kita tidak hanya sekedar tahu bahwa tahun ini sudah berganti tetapi kita hendaknya juga punya semangat berubah memperbaiki kualitas diri dan keadaan sekitar kita. Mengutip kata beliau yang aku kagumi kiai A. Mustofa Bisri di Jawa Pos 29 Desember 2008 kemarin “mudah-mudahan kita diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk melakukan hijrah dari kondisi jahiliyah yang tengik menuju kondisi peradaban yang beradab. Mudah-mudahan Allah memberi kekuatan kepada kita untuk menundukkan ego kita sendiri yang degil dan melawan setan yang terkutuk, serta memudahkan kita mendapatkan keridaan-Nya. Amiin” (nyuwun sewu saya kutip, matur nuwun Gus Mus)

Akhirnya : SELAMAT BERHIJRAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: